Taliban Bunuh Komandan ISIS di Kabul

Taliban Bunuh Komandan ISIS di Kabul

upah.co.id – -Pasukan Taliban membunuh Qari Fateh, komandan ISIS yang diduga merencanakan serangan terhadap misi diplomatik di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Dikutip dari kantor berita AFP, kekerasan di Afghanistan menurun drastis setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

Namun, dalam setahun terakhir, keamanan memburuk dengan serentetan serangan berjumlah korban banyak yang diklaim oleh cabang regional ISIS.

Qari Fateh disebut sebagai kepala intelijen dan operasi regional ISIS yang dibunuh pada Minggu (26/2/2023) malam, kata juru bicara Pemerintah Taliban Zabihullah Mujahid, Senin (27/2/2023).

“(Fateh) secara langsung mendalangi operasi baru-baru ini di Kabul, termasuk melawan misi diplomatik, masjid, dan target lainnya,” lanjut Mujahid.

Seorang anggota ISIS lainnya tewas dalam operasi tersebut. Sel ISIS ini berbasis di daerah Khair Khana Kabul.

Warga di kawasan itu melaporkan adanya tembakan keras pada Minggu malam.

Kemudian, pejabat Taliban mengunggah video di Twitter yang menampilkan dua jasad tergeletak di puing-puing.

Laporan Dewan Keamanan PBB pada Juli 2022 menggambarkan Fateh sebagai pemimpin utama ISIS yang ditugasi melakukan operasi militer di wilayah mencakup India, Iran, dan Asia Tengah.

ISIS adalah tantangan keamanan terbesar bagi Pemerintahan Taliban dengan melakukan serangan terhadap orang asing, agama minoritas, dan institusi pemerintah.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bersenjata pada Desember 2022 di hotel Kabul yang melukai lima warga negara China.

Masih pada Desember 2022, ISIS menyerang Kedutaan Besar Pakistan di Kabul. Islamabad menggambarkannya sebagai upaya pembunuhan terhadap duta besarnya.

Selanjutnya pada Januari 2023, ISIS mengeklaim bom bunuh diri di dekat Kementerian Luar Negeri Afghanistan yang menewaskan sedikitnya sepuluh orang.

Sebanyak dua staf Kedutaan Besar Rusia tewas dalam serangan bom bunuh diri di luar Kedubes mereka pada September 2022. Serangan itu pun diklaim oleh ISIS.

Taliban turut menyalahkan ISIS atas serangan bunuh diri pada September 2022 di Kabul yang menewaskan 54 orang, termasuk 51 perempuan dan anak perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *