upah.co.id – – Minat masyarakat Indonesia terhadap pariwisata kembali meningkat pascapandemi Covid-19.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang domestik yang melakukan perjalanan wisata sebanyak 52,6 juta orang atau naik sebesar 75 persen pada periode Januari hingga Desember 2022. Semenatara itu, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebanyak 7,1 juta orang atau naik lebih dari sepuluh kali lipat.

Melihat potensi tersebut, Traveloka sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi end-to-end untuk kebutuhan perjalanan konsumen.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-11, Traveloka memberikan apresiasi lebih kepada para konsumennya. Apresiasi ini diwujudkan melalui program promosi Traveloka EPIC Salebrat11on, fitur terbaru Let’s Go with Traveloka, serta Traveloka Preferred Partner.

Melalui program tersebut, Traveloka ingin mewujudkan aspirasi perjalanan yang berorientasi pada kebutuhan konsumen.

Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, HUT ke-11 Traveloka menjadi momentum yang tepat bagi pihaknya untuk memperkuat komitmen perusahaan dalam menghadirkan beragam produk dan fitur yang dirancang untuk mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.

Saat ini, tuturnya, konsumen semakin mengedepankan perencanaan perjalanan yang lebih personal dan fleksibel.

“Kami berharap, program apresiasi konsumen yang dihadirkan Traveloka dapat menstimulasi percepatan pemulihan pariwisata,” ujar Shirley dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Shirley menjelaskan, program EPIC Salebrat11on memungkinkan konsumen menikmati diskon hingga 80 persen untuk semua kategori produk dan layanan di aplikasi Traveloka. Program ini berlangsung selama 24 Februari – 3 Maret 2023.

Tak hanya itu, Traveloka juga mengadakan Roadshow EPIC Salebrat11on di 11 kota di Indonesia. Melalui kegiatan ini, Traveloka menyediakan keuntungan tambahan untuk para konsumen yang hadir ke booth.

Selain itu, konsumen juga dapat memainkan games interaktif untuk memenangkan merchandise dengan desain spesial. Konsumen pun berpeluang mendapatkan doorprize untuk dua pemenang dengan jumlah transaksi tertinggi.

“Selanjutnya, Traveloka akan hadir untuk memberikan ragam keuntungan lebih kepada pengguna di berbagai kota, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Surabaya,” ujarnya.

Luncurkan panduan perjalanan

Guna memastikan konsumen mendapatkan pengalaman perjalanan sesuai kebutuhan, Traveloka menghadirkan .

Program tersebut, kata Shirley, merupakan panduan perjalanan yang dapat digunakan konsumen untuk menjelajahi 11 negara tujuan negara tujuan wisata pilihan di seluruh dunia. Inisiatif ini akan diluncurkan bertahap mulai Senin (27/2/2023).

Pada kuartal I 2023, Let’s Go with Traveloka akan mengangkat destinasi wisata favorit di Asia, yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Vietnam.

“Memasuki kuartal ke-II, Traveloka akan mengangkat Arab Saudi, AS, dan Inggris. Selanjutnya, akan diikuti negara-negara lain, termasuk Indonesia,” kata Shirley.

Selain itu, Traveloka juga telah meluncurkan fitur terbarunya, yakni Traveloka Preferred Partner yang memfasilitasi konsumen untuk menentukan perencanaan perjalanan.

Melalui Traveloka Preferred Partner, konsumen dapat memilih tujuan akomodasi dengan mudah. Pasalnya, fitur ini memiliki lebih dari 4.000 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Traveloka Preferred Partner juga menawarkan keuntungan kepada konsumen, seperti harga khusus.

“Fitur tersebut juga memberikan keuntungan berupa serta jumlah Traveloka Poins yang lebih banyak bagi pemesanan akomodasi yang terdaftar jika dibandingkan pemesanan akomodasi biasa,” tutur Shirley.

Dukungan Traveloka

Menanggapi peran Traveloka dalam menghadirkan inovasi digital bagi industri pariwisata, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Teguh Dartanto mengatakan bahwa inovasi digital mendorong perubahan pola di dunia pariwisata.

Menurutnya, platform digital dapat mendorong pertumbuhan pariwisata sekaligus berdampak positif bagi ekonomi lokal.

“Melalui platform digital, kegiatan pariwisata menjadi lebih ekonomis sehingga pertumbuhannya lebih pesat,” ujar Teguh.

Teguh melanjutkan bahwa platform digital mampu menghadirkan tujuan wisata baru dengan menekankan sensasi pengalaman atau keunikan potensi dari sebuah destinasi wisata.

Dengan kata lain, imbuhnya, digitalisasi menjadi penting untuk memperkenalkan destinasi wisata lama dan baru sekaligus menjangkau konsumen secara lebih luas.

Menanggapi hal tersebut, Shirley menekankan bahwa Traveloka sebagai perusahaan teknologi terus melakukan inovasi untuk menyediakan solusi perjalanan yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen.

Oleh karena itu, memasuki usia ke-11, Traveloka mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait.

“Berkat dukungan tersebut, Traveloka dapat berperan aktif dalam pertumbuhan industri pariwisata yang kian meningkat. Dengan demikian, kami dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif di kawasan Asia Tenggara,” ujar Shirley.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey