Bisnis  

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Ciri-cirinya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Ciri-cirinya

upah.co.id – – Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak sehingga tidak ada satupun penjual atau pembeli yang bisa memengaruhi harga.

Dengan kata lain, pasar persaingan sempurna adalah sistem pasar dimana jumlah produsen dan pembeli konsumen sama banyaknya dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau seragam.

Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, pada pasar persaingan sempurna adalah diasumsikan bahwa seorang penjual bisa menjual berapapun kuantitas di dalam pasar, tanpa mempengaruhi kuantitas pasar secara keseluruhan.

Bentuk pasar persaingan sempurna adalah terdapat pada bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, minyak kelapa, buahbuahan, hasil perikanan.

Meskipun pasar persaingan sempurna sering dikatakan sudah tidak ada lagi, namun pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari sering disebut sebagai contoh yang paling mendekati dari karakteristik atau ciri-ciri pasar persaingan sempurna .

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Dilansir dari Gramedia.com, ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

1. Ada banyak pembeli dan penjual di dalam pasar

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna yang sebenarnya akan bisa langsung terlihat. Bahkan, orang-orang awam yang jarang sekali pergi ke pasar juga bisa membedakan antara pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Adapun ciri yang pertama di dalam pasar persaingan sempurna adalah ada banyak penjual dan pembeli yang melakukan berbagai kegiatan transaksi disana.

Jumlah penjual dan juga pembeli yang banyak tersebut membuat jenis pasar ini mempunyai harga jual dagangan yang relatif stabil. Tak hanya itu, jenis pasar ini juga cenderung terhindar dari risiko monopoli oleh satu pihak saja.

Interaksi yang yang dilakukan oleh para pembeli dan juga penjual dianggap sebagai sebuah faktor penentu atau pengikut harga. Dengan kata lain, jumlah penjual dan pembeli yang banyak, maka harga jual akan tetap sama.

2. Terdapat praktik free entry dan free exit

Kedua, ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah terdapat kebebasan bagi para penjual untuk membuka ataupun menghentikan usaha mereka di dalam pasar.

Penjual yang ada di pasar persaingan sempurna bisa dengan bebas membuka usaha dan menghentikannya bergantung dengan kondisi pasar pada saat itu.

Apabila dirasa penjualan mereka tidak begitu menguntungkan atau bahkan mendatangkan kerugian, maka para penjual bisa sewaktu-waktu menghentikan kegiatan dagangnya.

Akan tetapi, ketika kondisi pasar sedang meningkat dan bisa memberikan banyak keuntungan, maka para penjual juga dapat secara langsung melanjutkan proses jualannya.

Adanya praktik free entry dan free exit ini merupakan salah satu kelebihan dari sistem pasar persaingan sempurna yang tidak bisa ditemukan di jenis pasar lainnya. Untuk jenis pasar lain, para penjual seolah sudah terikat di dalam kegiatan bisnisnya.

3. Produk yang diperjualbelikan bersifat serupa

Perusahaan atau produsen yang berjualan di dalam pasar persaingan sempurna mempunyai sifat yang homogen atau bisa digantikan dengan produk yang dijual oleh orang lain.

Hal tersebut bisa dikatakan bahwa produk yang dijual di dalam pasar persaingan sempurna adalah bersifat sama atau serupa dan bisa diganti dengan produk lain yang identik.

Dengan kata lain, ketika Anda mengunjungi penjual beras yang ada di dalam pasar tersebut dan melihat kualitas beras yang dijual, maka Anda juga bisa memperoleh produk serupa di pedagang lainnya.

Bukan hanya tentang kualitas saja, kuantitas barang yang dijual oleh semua penjual yang ada di dalam pasar persaingan sempurna juga tergolong sulit untuk dicari letak keberadaannya. Oleh sebab itu, jenis pasar ini dikenal dengan pasar yang mempunyai barang dagangan yang bersifat homogen atau serupa.

4. Tak ada celah informasi tentang pasar antara penjual dan pembeli

Di dalam jenis pasar persaingan sempurna, semua penjual dan pembeli mengetahui betul tentang keadaan pasar dan juga patokan harga barang yang dijual. Semua hal seperti patokan harga dan fluktuasi sudah dipahami oleh para pemilik bisnis yang berjualan di jenis pasar ini.

Pengetahuan mengenai kondisi pasar oleh para penjual tersebut menyebabkan penjualan di pasar ini dapat menghasilkan keuntungan yang optimal. Sehingga setiap sumber daya yang ada di pasar digunakan semuanya untuk menghasilkan simbiosis mutualisme untuk pihak konsumen dan juga produsen.

Tidak hanya itu, pengetahuan mengenai harga jual terhadap suatu produk tertentu juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan. Potensi penjualan yang menurunkan harga untuk menaikkan penjualan akan sangat kecil terjadi.

5. Mobilitas sumber ekonomi terjadi secara sempurna dan merata

Adapun ciri pasar persaingan sempurna yang selanjutnya yaitu minimnya kesulitan ketika sumber dayanya dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hal tersebut didasarkan pada kesamaan tempat produksi yang ada di dalam pasar tersebut.

Contohnya saja yaitu persamaan yang ada pada metode pembuatan hingga cara menawarkan produk kepada pembeli.

6. Terdapat standarisasi produk

Karena produk yang dijual di dalam jenis pasar ini bersifat homogen, maka ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna yaitu terdapat standarisasi produk.

Kesetaraan produk tersebut bisa menjadi luaran industri yang umum dan dapat membuat persaingan antar penjual menjadi lebih seimbang. Oleh sebab itu, pasar persaingan sempurna biasanya akan didukung dengan produk-produk yang berkualitas standar.

7. Tiap produsen mempunyai pangsa pasar sendiri

Pasar persaingan sempurna mempunyai target pasar yang seimbang untuk tiap penjual yang menawarkan produk homogen. Oleh karena itu, para produsen tidak bisa bersaing melalui harga.

Jadi tidak ada ruang atau celah untuk menaikkan harga secara tertutup atau eksklusif. Sehingga sistem pasar persaingan sempurna menuntut produsen untuk mengejar standar kualitas produk yang secara umum digunakan untuk sebuah produk homogen.

Nah itulah, penjelasan singkat mengenai apa itu pasar persaingan sempurna dan ciri-cirinya. Bisa dikatakan, pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar yang dianggap paling ideal karena mampu menjamin terwujudnya efisiensi pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *