Pascagempa, Para Siswa di Suriah Kembali Bersekolah

Pascagempa, Para Siswa di Suriah Kembali Bersekolah

upah.co.id – Setelah diguncang gempa bumi dahsyat beberapa waktu lalu, para siswa di Suriah akhirnya bisa kembali bersekolah.

Diketahui, Harlem Boys School yang berlokasi di barat laut Suriah sempat dikuasai pemberontak. Namun, pintu akses ke wilayah itu mulai dibuka pada Minggu, 26 Februari 2023, tepatnya tiga minggu setelah gempa dahsyat melanda negara itu.

“Saya senang bisa kembali ke sekolah karena saya bisa melihat teman-teman saya,” kata Ward, siswa berusia 10 tahun, kepada Al Jazeera.Meski merasa senang lantaran bisa kembali bersekolah, Ward dia tak bisa menutupi rasa sedihnya karena teman sekelasnya meninggal dunia akibat gempa .

Berkaca dari gempa bumi itu, pihak sekolah memberikan pelatihan evakuasi untuk para siswanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan peristiwa serupa di masa mendatang.Kepala Sekolah Harem Boys School, Ahmad Sheikh Ahmed menjelaskan bahwa dewan pendidikan memutuskan untuk membuat dan menerapkan pelatihan evakuasi untuk siswa dan guru. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, serta terdiri dari dua sesi.“Kami mengajarkan kepada mereka jika mendengar sirine berbunyi, mereka harus berjalan dengan tertib dan tenang menuju taman bermain sekolah karena merupakan area datar yang dapat menampung semua orang,” kata Ahmad.

Meski kegiatan belajar mengajar sudah kembali diterapkan, tapi hanya setengah siswa yang hadir. Sebab, beberapa siswa lainnya mengalami trauma usai gempa berkekuatan 7,8 magnitudo itu mengubah kehidupan mereka.

Oleh karena itu, pihak sekolah pun berupaya untuk memberi rasa aman, sehingga para siswa diharapkan bisa kembali menuntut ilmu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *