Syair – Daniel Sianturi, Pengamat Sepak Bola

Tuan rumah berpesta usai menjadi juara dengan mengalahkan Nigeria 2-1 dalam laga yang digelar di Alassane Ouattara Stadium, Minggu (11/2/2024).

Tambahan tiga gol pada laga puncak menjadikan Piala Afrika edisi ke-34 menghasilkan 119 gol dari 52 pertandingan yang dimainkan sepanjang turnamen.

Jumlah gol tersebut menjadi yang tertinggi sejak putaran final Piala Afrika melibatkan 24 tim pada gelaran tahun 2019.

Pada Piala Afrika 2019 di Mesir tercatat total 102 gol tercipta dalam 52 pertandingan.

Pada edisi selanjutnya yang dilangsungkan di Kamerun, dengan durasi laga yang sama, jumlah gol yang hadir justru turun menjadi 100 gol.

Lebih dari 80 pemain berhasil membuat gol pada Piala Afrika 2023 di Pantai Gading dengan nama Emilio Nsue dinobatkan sebagai top scorer.

Pemain asal Guinea Ekuatorial tersebut membuat 5 gol sepanjang turnamen digelar.

Menariknya, pemain kelahiran Mallorca, Spanyol, lebih dari 34 tahun silam tersebut hanya empat kali berlaga di Piala Afrika 2023.

Maklum saja, bersama timnya, sang pemain harus angkat koper lebih cepat dari turnamen usai disingkirkan Guinea pada babak 16 besar.

Pemain yang pernah merumput di Inggris bersama klub Middlesbrough dan Birmingham City ini membuat lima gol sepanjang babak penyisihan grup.

Sebelum laga final Piala Afrika 2023 digelar, Ademola Lookman (Nigeria) menjadi pemain terdekat yang masih punya peluang menggeser posisi Emilio Nsue dari puncak daftar pencetak gol terbanyak.

Sebelumnya pemain Nigeria yang memperkuat klub Serie A, Atalanta, tersebut sudah mencetak tiga gol.

Namun hingga ditarik keluar pada menit ke-79 laga final, Ademola Lookman tak kunjung bisa menambah isi pundi-pundi golnya.

Torehan lima gol yang menjadikan Emilio Nsue sebagai top scorer pada Piala Afrika 2023 ini memang jauh di bawah capaian Vincent Aboubakar pada edisi sebelumnya.

Bintang Kamerun tersebut sukses membuat 8 gol dalam tujuh pertandingan yang dilakoninya bersama Kamerun sepanjang Piala Afrika 2019.

Namun demikian, Emilio Nsue yang menjadi top scorer di Piala Afrika 2023 patut berbangga.

Pemain yang pada masa junior pernah memperkuat Timnas Spanyol U-21 ini menjadi satu-satunya pemain di Piala Afrika kali ini yang mampu mencatat hattrick.

Tiga gol dibuatnya saat membawa Guinea Ekuatorial unggul 4-2 atas Guinea-Bissau pada laga kedua babak penyisihan Grup A.

Nama Emilio Nsue juga tentu diingat oleh para pendukung tuan rumah.

Dalam duel penutup babak penyisihan Grup A yang dimainkan di Alassane Ouattara Stadium, nasib Pantai Gading sempat di ujung tanduk usai kalah telak empat gol tanpa balas dari Guinea Ekuatorial dengan Emilio Nsue membukukan brace.

Pantai Gading boleh jadi kini berpesta usai memastikan diri menjadi Raja Afrika.

Sementara gelar top scorer menjadi penghibur tersendiri bagi Emilio Nsue dan negaranya.