Syair – GS Caltex tumbang dari dari tim yang diperkuat setter timnas Thailand, Guedpard Pornpun, dengan skor 0-3 (21-25, 21-25, 21-25).

Tim legendaris Korea itu dibuat tak berdaya dalam pertandingan tiga set langsung yang dihelat di Hwaseong Indoor Arena, Gyeonggi, Korea Selatan.

Hasil ini menjadi kekalahan ketiga berturut-turut bagi GS Caltex pada putaran kelima.

Sekaligus kekalahan keempat yang diterima GS Caltex pada lima pertandingan terakhir di putaran kelima.

Pemain asing IBK Altos, Brittany Abercrombie mencetak poin terbanyak dalam tim dengan 23 poin, diikuti Choi Jeong-min dengan 15 poin, termasuk 5 blok.

Hwang Min-kyung dan Pyo Seung-ju memimpin tim meraih kemenangan dengan masing-masing mencetak 7 poin.

Setter Thailand, Pornpun Guedpard, lega setelah timnya kini hanya berjarak dua poin dari GS Caltex yang beberapa hari lali digeser Red Sparks ke posisi keempat dalam klasemen Liga Voli Korea 2023-2024.

“Saya sangat senang. Nafas saya secara keseluruhan bagus hari ini,” ujar Guedpard.

Sahabat Megawati Hangestri Pertiwi itu sempat mengalami kendali fisik di tengah jadwal Liga Voli Korea yang padat.

“Saya tidak dalam kondisi fisik yang sulit setelah pertandingan melawan Heungkuk Life Insurance,” kata Guedpard dilansir dari The Spike,

“Hal pertama yang saya pikirkan adalahbagaimana mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan melawan GS Caltex.”

Dalam pertandingan ini, ia aktif memanfaatkan serangan middle blocker IBK Altos, Choi Jeong-min.

“Semakin sering saya memainkan permainan ini, semakin lancar permainannya. Dia (Choi) sangat memikirkan lawannya, jadi dia mempelajari apa yang perlu dia lakukan untuk mengalahkan GS Caltex,” tutur Guedpard.

“Kami bekerja keras karena ini adalah tim yang sering berganti strategi permainan,” kata pemain 30 tahun itu.

“Jeong-min adalah pemain bertalenta. Dia melakukan tugasnya dengan lebih baik, mendapatkan kepercayaan diri semakin dia melangkah.”

“Dia adalah pemain yang akan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.”

Dengan jadwal Liga Voli Korea yang padat, tidak dapat dipungkiri Guedpard merasakan beban fisik.

“Putaran ke-3 dan ke-4 sangat sulit. Tetap saja, saya memikirkan bagaimana harus menjaga diri sendiri setelah itu,” ucap Guedpard.

“Sekarang adalah saatnya kekuatan fisik saya berada pada kondisi terbaiknya.”

Saat musim mendekati akhir, pertanyaan pasti muncul tentang masa depan Pornpun Guedpard,musim depan.

“Setelah putaran keenam, saya harus melihat peringkat tim dulu, Saya belum tahu. Liga belum berakhir, jadi saya akan melakukan yang terbaik,” ucap Guedpard.

Sebelumnya pelatih IBk Altos, Kim Ho-cheol yang sempat khawatir dengan performa lawannya akibat absennya pelatih GS Caltex, Cha Sang-hyun, menghela nafas lega.

“Saya khawatir para pemain akan bermain lebih ketat karena tidak ada pelatih. Saya khawatir dengan stamina pemain saya di pertandingan terakhir menjelang set ke-5,” kata Kim dilansir dari The Spike.

“Tetapi, untungnya saya menyelesaikannya dengan baik. Kami tidak tampil bagus, tetapi lawan kami juga banyak terjatuh,” ujarnya.

Baru-baru ini, Kim Hyun-jung dipasangkan dengan Choi Jeong-min dan mempertahankan posisi blok tengah.

Pada pertandingan hari ini, ia juga menunjukkan performa yang luar biasa dengan mencetak 5 poin, termasuk 3 blok.

IBK Altos menjaga harapan karena setelah kemenangan ini jarak antara peringkat ke-4, GS Caltex dipersempit menjadi dua poin.

“Setiap pertandingan penting bagi kami. Saya berharap para pemain tidak mengalami cedera di sisa pertandingan setelah bola voli musim semi. Saya akan bekerja keras untuk mengatur kekuatan fisik saya,” tutur Kim.