Syair – Kiprah JungKwanJang Red Sparks di Liga Voli Korea musim ini berpeluang besar untuk berlanjut setelah musim reguler berakhir.

Komposisi pemain dan tingkat kolektivitas secara permainan yang dimiliki Red Sparks saat ini rasanya sudah cukup layak untuk membawa mereka lolos ke babak play-off.

Para pemain tim besutan Ko Hee-jin itu sudah berhasil melewati awan gelap yang sempat menaungi mereka selama pertengahan musim ini.

Bagaimana tidak? Megawati Hangestri Pertiwi dkk pernah merasakan sulitnya meraih kemenangan sepanjang putaran kedua hingga ketiga Liga Voli Korea.

Mereka hanya mampu meraih tiga kemenangan dari total 12 pertandingan yang dilakoni selama dua putaran tersebut.

Salah satu kekalahan dialami dengan cara yang pahit karena terjadi setelah Megawati dkk. sudah memenangi dua set pertama.

Kecenderungan untuk sering membuat kesalahan saat tertekan menjadi penyakit yang sempat mendera Red Sparks begitu lama.

Untungnya, kebangkitan akhirnya dirasakan juara Liga Voli Korea tiga kali ini semenjak memasuki putaran keempat hingga putaran kelima.

Red Sparks berhasil memetik 9 kemenangan dari 12 pertandingan.

Ini tentu situasi yang berbeda 180 derajat bagi Red Sparks dari tadinya cuma menang tiga kali menjadi sembilan kali dalam periode yang sama yang sama.

Tren positif ini mendorong kepercayaan diri para pemain untuk mengakhiri rekor buruk klub selama tujuh tahun terakhir.

Tim asal Daejeon, Korea Selatan, tak pernah mencapai babak playoff lagi sejak terakhir kali mengalaminya pada musim 2016-2017.

Musim lalu tim yang bernama KGC Ginseng Corporation ini terpaut 1 poin dari babak semi-playoff kendati mencetak lima kemenangan beruntun pada akhir kompetisi.

Tim Liga Korea hanya perlu finis di peringkat keempat dan menjaga margin 3 poin atau kurang dari tim peringkat tiga di akhir musim reguler untuk menembus babak semi-playoff.

Nantinya, tim peringkat 3 dan 4 akan diadu untuk memperebutkan tiket tampil ke babak playoff di mana mereka akan menghadapi tim peringkat dua.

Red Sparks sendiri sudah tidak lagi melihat ke babak semi-playoff.

Telah kembali ke peringkat tiga klasemen dengan keunggulan 5 poin, Red Sparks tentu berharap bisa menjaga posisi nyaman ini agar bisa langsung memperjuangkan tiket ke final.

Keyakinan pun telah ditunjukkan sang kapten yaitu Lee So-young bahwa Red Sparks seharusnya bersaing untuk peringkat kedua dalam kompetisi ini.

Park Eun-jin selaku middle blocker andalan tim memiliki keyakinan yang sama. Dia bertekad untuk terus menjauh dari kejaran tim-tim yang berada di bawah Red Sparks.

“Kami memiliki lebih banyak keinginan untuk menantang posisi yang lebih tinggi daripada mempertahankan posisi kami,” kata Park Eun-jin, dikutip dari Sports Seoul.

“Kami akan memberikan hasil yang baik sehingga kami dapat melangkah lebih jauh.”

“Kami memiliki fondasi yang kuat untuk bermain voli musim semi. Tolong beri kami banyak dukungan,” ujar pemain yang baru saja terpilih sebagai MVP ini.

Sementara itu, dua tim teratas sedang memperebutkan peringkat pertama antara Incheon Heungkuk Life Pink Spiders dan Suwon Hyundai E&C Hillstate.

Tim yang berada di peringkat pertama pada klasemen akhir putaran reguler akan langsung memainkan babak final tanpa lebih dulu bertanding pada babak playoff.

Format Kompetisi Pasca-musim Reguler Liga Voli Korea 2023-2024

1. Jika Tim Peringkat 3 dan Peringkat 4 Terpaut 3 Poin atau Kurang

2. Jika Tim Peringkat 3 Unggul Lebih dari 3 Poin atas Tim Peringkat 4