Syair – Tidak bisa dipungkiri bahwa Megawati dan Gia menjadi pilar utama Daejeon JungKwanJang Red Sparks dalam mengarungi kompetisi 2023-2024.

Kedua pemain tersebut tampil solid sebagai duet yang dikenal sebagai Duo Meriam Kembar Red Sparks yang sangat mematikan.

Solidnya penampilan Megawati dan Gia juga tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin Ko Hee-jin sebagai juru taktik Red Spakrs.

Memasuki musim kedua, pria berusia 43 tahun tersebut mampu menorehkan pencapaian gemilang dengan memijak babak playoff.

Ya, playoff musim 2023-2024 menjadi playoff perama bagi tim berjuluk Red Force itu usai menanti selama tujuh musim.

Walau hanya sampai di semifinal saja, perjuangan Red Sparks mengesankan usai menorehkan satu kemenangan dalam format best of three.

Megawati dan kolega mampu mencuri satu kemenangan atas Incheon Heungkuk Life Pink Spiders yang menjadi rival mereka.

Tak ayal, dengan pencapaian musim ini membuat Red Sparks memutuskan untuk memberi kontrak jangka panjang kepada Ko Hee-jin.

Ko Hee-jin mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun dengan rincian dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Dengan kata lain, Ko masih akan menukangi Red Sparks di Liga Voli Korea setidaknya hingga akhir musim 2027 mendatang.

Perpanjangan kontrak yang didapatkan Ko Hee-jin membuka potensi Red Sparks untuk mempertahankan dua legiun asing mereka, Megawati dan Gia.

Megawati menjadi bukti keberanian Ko dalam menentukan skuadnya melalui drat Asian Quote yang baru digulirkan untuk musim 2023-2024.

Dengan hanya melalui rekaman video, Ko dengan mantap menjadikan pemain asal Jember, Jawa Timur tersebut sebagai pilihan pertamanya.

“Mega adalah pilihan nomor satu saya,” ucap Ko dalam acara bincang-bincang di stasiun televisi Korea kepada SBS Sports.

“Kami tidak memilihnya setelah menontonnya secara langsung tetapi dari video. Jadi kami tidak yakin 100 persen,” imbuhnya.

Ko Hee-jin semakin memantapkan diri untuk merekrut Megawati tatkala datang langsung menyaksikan aksinya pada SEA Games Kamboja lalu.

Kombinasi antara Megawati dan Gia mampu menghasilkan total 1.426 poin di mana keduanya masuk dalam 10 besar top skor Liga Voli Korea 2023-2024.

Meski tampil gemilang, Megawati sendiri belum bisa dipastikan apakah akan kembali tampil bersama Red Sparks musim depan.

Pemain berusia 24 tahun tersebut sebelumnya hanya terikat kontrak bersama Red Sparks untuk satu musim saja.

Dengan performa yang ditunjukkan, tidak sedikit pihak yang mendorong Red Sparks untuk memperpanjang kontrak Megawati.

Hal tersebut sempat diungkapkan analis dari salah satu media Korea Selatan KBSN Sports yang menyebut tak ada alasan bagi Red Sparks menendang Megawati.

“Untuk Red Sparks, performa Mega dan Gia sangat memuaskan,” ucap seorang analis melalui unggahan KBSN Sports.

“Kedua pemain ini tampil bagus di paruh kedua musim, saya rasa mereka (Red Sparks) harus memperbarui kontraknya (Mega dan Gia).”

“Khusus bagi Mega, saya tidak melihat alasan bagi Red Sparks untuk tidak memperbarui kontraknya.”

“Jika Mega tidak memperbarui kontrak dengan Red Sparks, ada beberapa pelatih dari tim lain yang sudah ingin melakukannya,” kata sang analis.

Usai mengawal Red Sparks, Megawati kini bersiap untuk memperkuat Jakarta BIN di Proliga 2024 sembari menghabiskan jeda antar-musim Liga Voli Korea.

Masa depan Megawati di Negeri Ginseng kemungkinan besar baru akan diketahui pada bulan Oktober mendatang sebelum kompetisi dimulai.