Syair – Hal ini menjadi sesi latihan resmi terakhir akan dilakukan sebelum Kejuaraan Dunia MotoGP dimulai.

Semakin sedikit yang tersisa untuk memulai musim MotoGP 2024 yang menarik seusai tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia awal bulan selama tiga hari pada 6-8 Februari.

Balapan pertama MotoGP 2024 juga akan diadakan di Sirkuit Lusail, Qatar dan saat ini pengujian menjadi hal yang penting.

Pekerjaan teknis akan intens karena dalam kasus Ducati, Aprilia, dan KTM ini akan menentukan mesin yang akan mereka gunakan sepanjang musim 2024 karena disegel setelah tes ini dan tidak akan dapat dibuka lagi sampai balapan dimulai.

Pada tes pasca musim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada akhir tahun ini, Yamaha dan Honda akan mampu mengembangkan mesin sepanjang musim dengan mendapatkan konsesi kontroversial dibandingkan pabrikan lainnya.

Tes-tes ini, tidak seperti tes di Sepang yang dilakukan pada jam-jam yang tidak lazim bagi orang Eropa, tetapi akan memiliki jadwal yang jauh lebih bisa ditanggung.

Pada hari ini, Senin (19/2/2024) para pembalap akan berkendara di lintasan tanpa henti dari jam 12.00 – 19.00 waktu setempat atau 18.00 WIB- 01.00 dini hari.

Sebanyak 21 dari 22 pembalap yang akan menempati grid permanen MotoGP akan berada di lintasan.

Franco Morbidelli tetap absen karena cedera beberapa minggu lalu dalam tes privat di Portimao, Portugal.

Ia akan digantikan dalam dua hari ini oleh pembalap penguji utama Ducati, Michelle Pirro. Test rider lain yang akan hadir adalah Cal Crutchlow untuk Yamaha.

Dalam hal ini, test rider KTM, Dani Pedrosa, tidak akan ikut serta. Berbicara tentang merek Austria, evolusi pembalap debutan, Pedro Acosta (Red Bull GAS GAS Tech3) yang di Sepang sangat kuat akan kembali menjadi sorotan

Penampilan Raul Fernandez (Trackhouse Racing) setelah absen dua dari tiga hari di Sepang setelah kecelakaan pada hari pertama juga akan dilihat.

Evolusi Marc Marquez bersama Ducati Gresini juga menjadi perhatian. Di Valencia ia keluar sebagai pembalap tercepat ke-4, sedangkan di Sepang ia berada di urutan ke-6.

Di luar data lap tercepat yang dingin, memberikan perasaan penuh harapan karena belum memaksa atau terjatuh.

Pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu juga menjaga ritme yang baik dalam simulasi Sprint Race yang dilakukannya pada hari terakhir tes di Malaysia, yang akan memberikan opsi bertarung untuk podium.

Seperti yang terjadi di Sepang, tes tersebut tidak akan disiarkan di televisi, tetapi dapat disaksikan melalui situs resmi MotoGP.

Berikut jadwal tes pramusim MotoGP 2024 Qatar.

Hari pertama, Senin (19/2/2024), pukul 18.00 WIB- Selasa (20/2/2024) 01.00 dini hari WIB

Hari kedua, Selasa (20/2/2024), pukul 18.00 WIB – Rabu (21/2/2024), 01.00 dini hari WIB

Berikut daftar tim dan pembalap tes pramusim MotoGP 2024 di Qatar.