Syair – Tim putra Jakarta STIN BIN masih bertengger di puncak klasemen Proliga 2024 kendati menelan kekalahan di laga terakhir dari Palembang Bank Sumsel Babel.

Tim yang diperkuat deretan pemain timnas seperti Rivan Nurmulki, Farhan Halim, Doni Haryono, hingga Jasen Nataniel Kilanta itu telah mengemas 3 kemenangan dari 4 laga.

Berada tepat di bawah STIN BIN adalah juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank Electric yang kembali ke jalur kemenangan.

Setelah dipermalukan STIN BIN dengan kekalahan 0-3, LavAni mengamuk dengan menghajar runner-up musim lalu Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor yang sama.

Meski demikian, posisi pertama berhak diraih oleh STIN BIN karena unggul satu poin.

Setelah tiga kemenangan awal yang sempurna, tim besutan Ryan Masajedi itu masih bisa mencuri 2 set tatkala tren positif mereka dihentikan Bank Sumsel.

Adapun peringkat ketiga dan keempat secara berurutan diisi oleh Jakarta Pertamina Pertamax dan Palembang Bank Sumsel Babel, dua tim yang berharap bisa kembali tampil di final four.

Sama-sama mencetak 2 kemenangan, Pertamina Pertamax berhak atas posisi lebih baik karena unggul dalam poin.

Pertamina menjadi tim terakhir yang meraih kemenangan pada pekan kedua yang dihelat di GOR Jatidiri, Semarang. Mereka menang 3-0 atas Kudus Sukun Badak.

“Pertandingan ini sangat luar biasa buat kami karena berguna untuk mempersiapkan diri menuju seri Palembang,” ucap Aji Maulana selaku kapten Pertamina.

“Jadi berguna untuk menaikkan moral dan mental,” imbuhnya, menunjuk kondisi tim yang belum 100 persen karena cedera dan sakit yang dialami rekan-rekannya.

Persaingan untuk posisi empat besar akan seru karena Pertamina Pertamax dan Bank Sumsel akan bertemu pada seri Palembang akhir pekan ini.

“Harapannya kami main maksimal, yang penting berjuang dulu. Pokoknya dari dua pertandingan bisa mengambil satu kemenangan,” ucapnya.

Sementara klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri masih dipimpin oleh Jakarta Pertamina Enduro dengan 3 kemenangan dan 9 poin.

Pertamina Enduro dipepet oleh Jakarta Popsivo Polwan, tim yang menghentikan tren sempurna mereka pada seri Semarang.

Persaingan sektor putri begitu ketat karena ada tiga tim yang mengemas tiga kemenangan. Selain dua tim di atas, masih ada juara bertahan, Bandung bjb Tandamata.

Di antara mereka, hanya Popsivo Polwan yang belum pernah kalah kendati menjalani jumlah pertandingan yang lebih sedikit.

Sementara peringkat empat direbut oleh Jakarta Electric PLN setelah kemenangan ‘comeback’ atas Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada hari Minggu kemarin.

Dengan catatan 2 kemenangan, Electric PLN menggeser Jakarta BIN yang mengalami start buruk kendati menjadi favorit juara berkat skuad yang mewah.

“Kami belum menemukan ritme,” ucap opposite BIN, Megawati Hangestri Pertiwi, setelah timnya kalah 2-3 dari Popsivo, kekalahan kedua dari tiga pertandingan awal.

“Kami baru full team saja seminggu sebelum kompetisi dan itu kan umumnya pemain pendatang, jadi kami masih mencari-cari.”

“Kami pasti akan latihan terus. Ini kan baru awal,” imbuh pemain andalan timnas putri Indonesia tersebut.

Putaran pertama Proliga 2024 akan dilanjutkan dengan pekan ketiga pada 9-12 Mei 2024 di Gedung PSCC, Palembang, Sumatra Selatan.

KLASEMEN PROLIGA 2024

Putra

Putri