Syair – Mitra resmi pertama itu adalah platform e-commerce, Shopee.

AFF sekaligus mengumumkan nama resmi ASEAN Club Championship yakni Shopee Cup.

Kerja sama ini diresmikan dengan mitra komersial eksklusif AFF, yaitu Sportfive dan Shopee yang menjadi mitra penyelenggara AFF untuk kejuaraan besar tingkat ASEAN lainnya.

Shopee Cup, turnamen klub regional resmi pertama di Asia Tenggara, akan dimainkan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-off dan fase grup.

Sebanyak 14 klub ternama di ASEAN akan berkompetisi dalam 40 pertandingan.

Sejalan dengan upaya regional untuk mengikuti kalender kompetisi Eropa, Shopee Cup akan dimulai tahun ini pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga 21 Mei 2025.

Zhou Jun Jie, Chief Commercial Officer Shopee mengatakan: “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) sebagai sponsor utama dari acara perdana Shopee Cup.”

“Shopee Cup menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda.”

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee dan di saat yang sama dapat tetap menghibur serta terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna.”

Khiev Sameth, President of AFF mengatakan: “Hari ini menandai langkah bersejarah bagi sepak bola ASEAN.”

“Shopee Cup akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di wilayah ini.”

“Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia.”

“Kami sangat bangga dapat bermitra bersama Shopee, perusahaan ASEAN yang dikenal secara global dan dapat menjadi mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama.”

“Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN.”

“Sebagai perwakilan dari Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee,” lanjut Sameth.

“Kami berharap dapat bekerjasama dengan Shopee serta mitra komersial, Sportfive, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan fanbase ASEAN ke level yang lebih tinggi.”

“Bagi Sportfive, yang telah menjadi pusat dari banyak pencapaian penting sepak bola Asia selama 30 tahun, kemitraan dengan Shopee ini menjadi yang paling transformatif,” timpal Seamus O’Brien, President and Chairman of the Board Sportfive Asia.

“Bangkitnya ASEAN sebagai negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dalam beberapa dekade terakhir, dipadukan dengan semangat tinggi dari para penggemar sepak bola ASEAN, yang kini berpadu bersama dalam lanskap digital modern, menjadikan hal ini sebagai peristiwa yang sangat penting bagi dunia olahraga.”

“Kami berharap dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan kami di AFF dan mitra di Shopee untuk membuat acara ini berkesan di hati dan pikiran konsumen serta penggemar di seluruh ASEAN,” pungkas O’Brien.

Shopee Cup akan menampilkan juara liga nasional dan pemenang kompetisi piala atau runner-up liga dalam situasi tertentu dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Empat negara ini akan memiliki 4 klub perwakilan.

Peserta dilengkapi masing-masing satu tim dari Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

Klub-klub ini bersaing memperebutkan dua tempat di fase grup turnamen pada babak kualifikasi play-off.

Dua belas klub yang telah memenuhi syarat akan diundi ke dalam dua grup untuk menjalani fase grup.

Pertandingan fase grup yang berjumlah 30 laga akan dimainkan dengan sistem kandang atau tandang selama lima hari pertandingan.

Klub peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup pada akhir fase grup akan lolos ke semifinal.

Babak semifinal dan final akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.

Informasi lebih lanjut mengenai format kompetisi, jadwal Shopee Cup musim 2024-2025, dan klub-klub yang berpartisipasi akan dihadirkan pada acara drawing resmi yang diadakan pada minggu pertama bulan Mei dengan tanggal dan tempat yang bakal segera diumumkan.