Syair – Pink Spiders merah dua penghargaan dalam acara penghargaan Liga Voli Korea 2023-2024 yang diadakan di Grand Ballroom The K Hotel, Seoul pada Senin (8/6/2024).

Kim menjadi pemain terbaik dan masuk dalam deretan tujuh outside hitter terbaik di divisi putri Liga Voli Korea.

Bersamaan dengan itu, pemain yang diidolakan Megawati Hangestri Pertiwi itu juga sekaligus mengumumkan akan melanjutkan kariernya sebagai pemain pada Liga Voli Korea meskipun pada Juni mendatang dia akan pensiun dari timnas voli Korea Selatan.

“Saya telah memutuskan untuk memperpanjang tugas aktif saya sampai batas tertentu sejak pertengahan musim,” kata Kim dilansir daru The Spike.

“Sementara itu, hasilnya berakhir buruk. Namun apa pun hasilnya, kami banyak berbicara dengan semua orang mulai dari pejabat klub hingga pelatih, keluarga, dan kenalan.”

“Saya memutuskan untuk memperpanjang karier aktif saya karena banyak penggemar yang mendukung saya dan penampilan pribadi saya tahun ini juga lebih baik dibandingkan tahun lalu.”

Pemain berusia 36 tahun itu mengungkaojan reaksi dari orang-orang di sekitarnya yang saling bertentangan.

“Ada banyak penolakan, tetapi ada juga pembicaraan bahwa akan lebih baik untuk berbuat lebih banyak,” ucap Kim.

“Namun hal terbesarnya adalah dukungan dari para penggemar. Mereka ingin melihat saya bermain bola voli.”

“Saya tidak tahu seperti apa kondisi saya tahun depan, tetapi saya ingin melakukan yang terbaik dan menunjukkan diri saya yang terbaik sekali lagi,” katanya, seraya menambahkan bahwa dukungan dari para penggemar sangat membantu dalam memperpanjang karier aktifnya.

Pink Spiders yang finis kedua pada Liga Voli Korea musim ini mengalahkan Daejeon JungKwanJang Red Sparks pada babak semifinal playoff dan melaju ke final, tetapi kalah dari Suwon Hyundai E&C Hillstate.

Kim yang kembali ke Pink Spiders pada musim 2022-2023, masih jauh dari gelar juara selama dua musim berturut-turut.

“Saya percaya diri, tetapi sayangnya musim berakhir,” ujar Kim.

“Tahun depan akan menjadi musim yang lebih berat, tetapi saya punya keinginan kuat untuk mengatasi ini dan memenangkan kejuaraan,” tutur Kim.

Kim Yeon-koung yang bermain di semua set pada semua pertandingan reguler, berada di peringkat ke-6 dalam hal mencetak poin (775 poin), peringkat ke-2 dalam serangan (tingkat keberhasilan 44,98 poersen).

Dia menduduki peringkat ke-6 dalam servis (0,207 per set), dan peringkat ke-5 dalam receive (42,46 persen efisiensi).

Dia engalami musim puncak karier. Meski lahir pada 1988, ia tampil terbaik pada Liga Voli Korea.

“Hasil saya lebih baik dari segi rekor, tetapi itu sangat sulit. Meski begitu, berkat perhatian khusus yang diberikan pelatih, saya mampu menjaga tubuh dengan baik,” aku Kim.

“Itu adalah perjalanan yang panjang bagi saya. Namun berkat bantuan penggemar, saya dapat melakukannya dengan baik.”

“Saya akan berusaha menunjukkan kinerja yang baik tahun depan dengan bantuan banyak pihak,” ujarnya sambil mengungkapkan rasa terima kasihnya.

Kim memenangkan penghargaan MVP musim reguler keenamnya musim ini.

“MVP yang saya terima saat bermain di Korea ketika saya masih muda memiliki arti yang berbeda dengan MVP yang saya terima sekarang,” kata Kim.

“Saya bersyukur karena ini adalah penghargaan yang saya terima dari posisi teratas sebagai pemain aktif. “

“Saya bisa sampai di sana berkat bantuan rekan-rekan saya. Saya akan bekerja keras untuk bisa menghadapi tantangan ketujuh tahun depan,” ujarnya.

Banyak lika-liku yang ia alami pada musim 2023-2024. Setelah menyelesaikan putaran keempat reguler Liga Voli Korea, Pink Spiders mengganti pemain asing Jelena Mrazenovic dengan merekrut Willow Johnson.

Selain itu, ada juga masalah cedera pada setter awal dan libero. Kekalahan dari Pepper Savings Bank (juru kunci) pada putaran ke-6 liga reguler juga merupakan kejutan besar.

Kekalahan ini membuat mereka kehilangan posisi pertama pada liga reguler.

Kim Yeon-koung sebagai kapten tampil di seluruh pertandingan dan diam-diam melakukan perannya.

Pada musim reguler, ia mencapai serangan dan pertahanan yang seimbang dengan peringkat ke-6 dalam mencetak angka, ke-2 dalam menyerang, dan ke-6 dalam melakukan servis, serta ke-5 dalam menerima dan ke-7 dalam dig, dan ke-8 dalam bertahan (kombinasi receive dan dig).

Dalam tiga pertandingan playoff, Kim berada di peringkat kedua dalam mencetak poin dengan 66 poin.

Kim mengikuti Giovanna Milana (Red Sparks) dengan 73 poin. Dalam tiga pertandingan kejuaraan tersebut, pemain Hillstate Moma Basoko dan Johnson masing-masing mencetak 109 dan 76 poin, sedangkan Kim juga mencetak 74 poin.

Namun, Pink Spiders tidak mampu menghentikan lawannya, Moma dan Yang Hyo-jin.

Koneksi dengan pertahanan relatif buruk. Mereka kehilangan momentum karena gagal mencetak poin dalam situasi serangan balik.

Pink Spiders berusaha menjadi juara untuk pertama kalinya dalam lima tahun setelah menjadi juara gabungan pada musim 2018-2019, namun gagal.

Pink Spiders menduduki peringkat kedua setelah pertarungan sengit untuk memperebutkan tempat pertama pada putaran reguler musim ini.

Mereka juga terlibat dalam pertarungan sengit dengan Red Sparks hingga laga ketiga dan terakhir babak playoff.