Syair – Daejeon JungKwanJang Red Sparks bakal kehilangan salah satu penyerang asing andalan yang telah memastikan masa depannya.

Adalah Giovanna Milana Day, atau yang akrab disapa Gia, yang tak akan kembali ke Liga Voli Korea musim depan.

Pemain yang baru saja dikabarkan akan tampil di Proliga 2024 ini akan kembali ke negara asalnya yaitu Amerika Serikat.

Dia akan meramaikan kompetisi bola voli putri yang baru di Negeri Paman Sam yaitu League One Volleyball, disingkat LOVB tapi dibaca LOVE.

“Ada lebih banyak pemain bintang yang masuk ke dalam daftar,” tulis LOVB dalam unggahan di akun X mereka @leagueonevb pada Selasa (4/4/2024).

“Selamat datang di LOVB, Lauren Stivrins, Gia Milana Day, Heidy Casanova, Audriana Fitzmorris, Martha Bechis!”

Mengutip USAVolleyball.org, sebagian besar para pebola voli putri terbaik Amerika memilih berkarier di kompetisi luar negeri.

Walau tim nasional voli putrinya merupakan salah satu yang terbaik, saat ini peringkat dua dunia FIVB dan juara bertahan Olimpiade, AS tidak punya liga yang mumpuni.

Para pemain mereka lebih memilih untuk tampil di negara lain yang punya liga putri kelas elite seperti Italia, Turki, dan Jepang untuk mengasah kemampuan.

“Kami tidak sabar untuk melihat pemain AS berkompetisi bersama LOVB di rumah sendiri dan melihat dampak dari liga ini untuk popularitas bola voli,” bunyi pernyataan resmi dari Federasi Voli Negeri AS.

“LOVB akan menjadi wadah bagi penggemar voli Amerika untuk melihat idola mereka bermain secara langsung.”

“LOVB tidak hanya menarik pemain-pemain timnas AS tetapi juga beberapa talenta top dari seluruh dunia.”

Adapun Gia, mengutip profilnya di Volleybox.net, dia berpetualang ke Prancis, Puerto Rico, Italia, dan Korea setelah menyelesaikan kompetisi antar-kampus di negara asal.

Di Liga Korea musim lalu, Gia turut berperan dalam membawa Red Sparks mencapai babak playoff pertama selama tujuh tahun.

Gia mencetak 690 poin (peringkat ke-8 dalam klasemen top skor) dengan rasio serangan sukses 43,95 persen (ke-5).

Kini, pemain dengan tinggi badan 188cm tersebut akan tampil di Indonesia, dimulai dari laga ekshibisi bersama Red Sparks dan berlanjut ke Proliga.

Mengutip Volinews Indonesia, Gia akan bergabung dengan Jakarta Pertamina Enduro pada Proliga 2024.

Megawati akan menjadi lawan Gia karena telah pindah dari Jakarta Pertamina Enduro ke Jakarta BIN.

Adapun soal tim yang akan diperkuat Gia di LOVB nanti, belum ada informasi yang terlihat dalam situs resmi kompetisi di LOVB.com.

Nama Gia juga belum terlihat dalam profil atlet kendati telah diumumkan melalui akun media sosial resmi LOVB.

LOVB sendiri dimulai pada November nanti atau berdekatan dengan putaran pertama dari Liga Voli Korea yang biasanya dimulai pada Oktober.

Akan ada enam tim profesional yang bersaing di sana yaitu LOVB Atlanta Volleyball, LOVB Austin, LOVB Houston, LOVB Madison, LOVB Omaha, LOVB Salt Lake.