Syair – Lee dan Kang menjadi incaran besar pada bursa transfer Liga Voli Korea untuk musim depan. Akibatnya, setiap klub yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar dan memperkuat kekuatan mereka memicu perang perekrutan.

Pada 11 April MHN Sports mengonfirmasi bahwa transfer kapten Daejeon JungKwanJang Red Sparks, Lee So-young ke Hwaseong IBK Altos adalah benar.

Sebelumnya pada 9 April, KBS secara eksklusif melaporkan bahwa Lee young akan pindah ke IBK Altos dengan nilai transfer sebesar 2,1 miliar won selama 3 tahun atau Rp 24 miliar (atau 700 juta won atau Rp 8,2 miliar per tahun).

Namun, opsi detail lainnya tidak diketahui.

Selain Lee yang berstatus bebas transfer setelah Liga Voli Korea 2023-2024 berakhir ada Park Hye-min (outside hitter), Noh Ran (Libero), dan Park Eun-jin (middle blocker).

Hal ini membuat ketujuh tim berebut untuk mendapatkan pemain bebas transfer yang memiliki kualitas yang tinggi.

Padahal, Lee saat ini mengalami cedera ligamen pergelangan kaki yang berlangsung setidaknya empat minggu selama putaran ke-6 musim 2023-2024.

Setelah menyelesaikan rehabilitasi dia diharapkan untuk bergabung dengan klub. Ia juga masuk dalam daftar timnas Volleyball Nations League (VNL) dan rencananya akan dipanggil ke perkampuan atlet Jincheon pada 15 April.

Selain itu, pelatih kepala IBK Altos saat ini sedang sibuk dengan pekerjaan agen bebas karena Kim Ha-Kyung dan Kim Hyun-jung sama-sama berstatus agen bebas.

Jika Lee menyelesaikan transfer agen bebas, susunan pemain outside hitter akan bertambah menjadi sekitar delapan.

Mereka adalah Yook Seo-young, Hwang Min-kyung, Pyo Seung-ju, Park Min-ji, Joo Yeon-hee, seorang pemain training, Kim Jeong-ah yang memasuki musim debutnya yang ke-5, dan Jeon Su-min Jeon yang direkrut sebagai pilihan ke-3 pada putaran pertama Liga Voli Korea 2023-2024.

Namun, beberapa pemain tersebut diperkirakan akan dilepas dari status dilindungi dan hengkang.

Outside hitter Kang So-hwi juga menjadi agen bebas setelah musim ini dan beberapa tim menghubunginya.

Selain lini depan GS Caltex, pelatih baru Lee Young-taek diperkirakan akan menjalani bulan sibuk dalam hal memperkuat kekuatan timnya seiring dengan membujuk pemain domestik seperti Han Da-hye dan Kang So-hwi.

Ratu voli Korsel, Kim Yeon-koung akan bertahan selama satu musim lagi bersama Incheon Heungkuk Life Pink Spiders juga membutuhkan penambahan kekuatan yang signifikan baik dalam menyerang maupun bertahan.

Dengan Kim secara terbuka menuntut peningkatan sebagai pemain terbaik dan legenda hidup libero Kim Hae-ran, starter setter Lee Won-jung dan middle blocker Lee Joo-ah telah menerima kualifikasi agen bebas pertama mereka.

Lee Joo-ah juga tampaknya masuk dalam daftar tim yang membutuhkan sumber daya middle blocker.

Kepastian perpindahan transfer pemain divisi putri ditunggu hingga 17 April mendatang.